Pertambangan Masih Jadi Penopang Utama Ekonomi Kaltim, Nidya Listiyono : Harus Ada Sumber Lain

  • Whatsapp
pertambangan masih jadi penopang utama ekonomi kaltim nidya listiyono harus ada sumber lain
pertambangan masih jadi penopang utama ekonomi kaltim nidya listiyono harus ada sumber lain

VONIS.ID, SAMARINDA – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Nidya Listiyono mengatakan, dari hasil rapat dengar pendapat (RDP) bersama pihak Badan Pusat Statistik (BPS) disebutkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi Kaltim hanya satu menjadi penopang utama hingga saat ini, yakni sektor pertambangan.

Menurunnya pertumbuhan ekonomi Kaltim membuat politisi Golkar yang menjabat sebagai wakil rakyat di periode pertamanya ini berfikir agar Kaltim tidak bergantung hanya pada sektor Sumber Daya Alam (SDA).

Baca Juga

Kaltim harus mulai menggerakkan sektor unggulan lain sebagai sumber ekonomi yang baru seperti ekonomi kreatif dan sebagainya.

“Ini ke depan harus kita cari sumber lain. Bahwa Kaltim ke depan tidak lagi tergantung pada sektor SDA saja,” ujar Tio sapaannya, kepada awak media beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Kaltim masih mempunyai sektor unggulan yang potensial sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) selain pertambangan. Seperti halnya di Jakarta, yang menjadikan bisnis dan pajak sebagai sektor unggulan untuk penggerak ekonominya.

,

“Artinya, masih banyak sumber potensial yang bisa dimanfaatkan Kaltim, dan kita harus mengubah mindset untuk tidak lagi berharap hanya pada sektor pertambangan saja, tapi potensi lain juga harus didorong,” tuturnya.

Lebih lanjut, adapun data yang telah disampaikan BPS dan BI akan menjadi bahan bagi DPRD Kaltim untuk mengkonversi dengan kebijakan-kebijakan dari pemerintah guna mempercepat laju pertumbuhan ekonomi pasca wabah covid-19.

“Harapan kami, perekonomian terus bergerak. Karena ketika ekonomi sedang tidak baik, tentu akan sangat berpengaruh pada penghasilan masyarakat. Sudah menjadi tugas kita bersama untuk memulihkan kembali ekonomi,” pungkasnya. (Advertorial)

Related posts