Minggu, 14 Juli 2024

Kaltim

Polda Kaltim Gagalkan Peredaran 3 Kilo Sabu dari Tangan TKI Ilegal Asal Malaysia

Kamis, 14 September 2023 16:56

Jajaran Polda Kaltim saat merilis kasus ungkapan 3 kilogram sabu dari tangan seorang TKI ilegal asal Malaysia. (IST)

VONIS.ID, BALIKPAPAN – Ancaman peredaran narkoba di Indonesia terus menjadi perhatian serius, dan buktinya kembali muncul di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pada Kamis, 7 September 2023, Ditresnarkoba Polda Kaltim berhasil mengungkap kasus besar dengan menangkap seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Malaysia yang membawa sabu seberat 3.073 gram bruto atau lebih dari tiga kilogram.

Kasus ini terungkap di Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kariangau, Kecamatan Balikpapan Barat. Selain menangkap tersangka, MS (22), yang berasal dari Pinrang, Sulawesi Selatan, petugas juga berhasil menyita barang bukti berupa sabu dengan berat keseluruhan total 2.014 gram bruto. 

"Dari MS awalnya diamankan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak dua bungkus dengan berat keseluruhan total 2.014 gram bruto,” ucap Kanit Sidik Ditreskoba Polda Kaltim, Ipda Candra Silalahi, Kamis (14/9/2023).

Namun, setelah dilakukan interogasi, MS mengakui masih menyimpan sisa sabu tersebut di sebuah tempat di tumpukkan batu bata ringan di belakang masjid wilayah Balikpapan Barat. Petugas bersama MS menuju tempat yang dimaksud, dan di sana ditemukan satu bungkusan teh Cina yang berisikan narkotika jenis sabu seberat 1.059 gram bruto.

"Jadi keseluruhan barang bukti sabu yang disita oleh petugas sebanyak 3.073 gram bruto. Rencananya, barang ini akan diedarkan di Kota Balikpapan," tambahnya.

Selama interogasi, MS mengungkapkan bahwa sabu tersebut diperoleh dari temannya, AL, yang berada di Seriaman, Malaysia. Keduanya bertemu di jembatan besar Seriaman Malaysia pada 31 Agustus 2023.

 MS kemudian membawa sabu-sabu itu melalui jalur darat, melewati Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, hingga akhirnya sampai di Kota Balikpapan pada Senin, 4 September 2023.

Halaman 
Baca berita kami lainnya di
Tag berita:
Berita terkait
Beritakriminal