Saling Klaim Sebagai Pemerintah Resmi, Perang Saudara di Yaman Terus Memburuk

  • Whatsapp
DK PBB
Konflik di Yaman terus memburuk/matamatapolitik.com

VONIS.ID – Berita Mancanegara VONIS.ID tentang Perang yang disebut Perang Saudara Yaman melibatkan dua faksi.

Perang saudara di Yaman yang telah berlangsung selama lima tahun, terus memburuk.

Baca Juga

Perang yang disebut Perang Saudara Yaman ini melibatkan dua faksi.

Abdrabbuh Mansur Hadi memimpin pemerintah Yaman dan gerakan bersenjata Houthi, bersama dengan para pendukung dan sekutu mereka.

Keduanya mengklaim sebagai pemerintah resmi Yaman.

Tentara Yaman mengumumkan bahwa mereka berhasil mengambil kendali pusat komando Houthi di provinsi utara Al-Jawf, Sabtu (12/9/2020).

“Unit-unit Angkatan Darat mengambil kendali atas pusat komando dan komunikasi di front Nudud,” menurut sebuah laporan yang diterbitkan di situs militer Yaman, September Net, yang dinukil Anadolu.

Selama operasi itu, sejumlah korban jatuh di kelompok Houthi dan kendaraan militer lapis baja dihancurkan.
Operasi berlanjut di garis depan Nudud dan upaya untuk membersihkan wilayah milisi Houthi yang didukung Iran juga sedang berlangsung.

Yaman telah dilanda kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk Ibu Kota, Sanaa.

Krisis meningkat pada 2015 ketika koalisi militer pimpinan Arab Saudi meluncurkan kampanye udara yang bertujuan untuk menggulung kembali keuntungan teritorial Houthi.

Puluhan ribu orang Yaman, termasuk warga sipil, diyakini telah tewas dalam konflik tersebut.

Konflik bersenjata itu juga telah menyebabkan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia karena jutaan orang masih menghadapi risiko kelaparan. (*)

Artikel ini telah di sindonews.com dengan judul “Tentara Yaman Berhasil Rebut Pusat Komando Houthi” https://international.sindonews.com/read/162508/44/tentara-yaman-berhasil-rebut-pusat-komando-houthi-1599912552

Related posts