Nyelam Cari Besi, Seorang Pemuda Lenyap Ditelan Sungai Mahakam

  • Whatsapp
ecbbce ca c acd babfc
Tim penyelaman dari gabungan SAR Kota Tepian terus melakukan upaya pencarian baik di dasar dan dipermukaan Sungai Mahakam/VONIS.ID

VONIS.ID, SAMARINDA – Suasana duka Jumat (18/6/2021) siang tadi menyelimuti kawasan Mangkupalas tepatnya di Jalan Pattimura, Kecamatan Samarinda Seberang tepatnya di lokasi redi mix PT Mawar.

Diketahui suasana duka itu disebabkan lenyapnya seorang pemuda bernama Imran yang lenyap ditelan Sungai Mahakam.

Baca Juga

Informasi dihimpun, pemuda 19 tahun ini lenyap saat sedang melakukan penyelaman mencari besi.

“Jadi informasi yang kami kumpulkan korban ini awalnya berada di atas kapal tongkang membuang sepotong besi ke sungai. Terus korban turun pakai tangga kemudian menyelam dengan maksud kembali mengambil besi itu,” ucap Koordinator Unit Siaga SAR Basarnas Samarinda, Riqi Efendi, saat dijumpai di lokasi pencarian, sore tadi.

Lanjut Riqi, korban saat itu diketahui tidak sendirian.

Ia bekerja mencari besi bersama sang kakak. Namun saat korban menyelam, sang kakak diketahui hanya memantau dari bibir sungai dengan jarak empat hingga lima meter dari titik menghilangnya sang adik.

“Setelah beberapa lama menyelam, si korban tidak timbul kembali. Kemudian kakaknya sempat melakukan pencarian beberapa waktu tapi tidak membuahkan hasil dan akhirnya melaporkan kejadian itu ke polsek setempat,” tambahnya.

Setalah melakukan koordinasi gabungan, tim SAR dari berbagai unsur langsung diterjunkan ke lokasi kejadian. Tim penyelam pun siang itu langsung diterjunkan.

Menyisir area titik korban menghilang yang diperkirakan memiliki kedalaman dua hingga lima meter.

“Yang kami curigai korban tersangkut obstacle (rintangan) di dasar sungai. Di dasar juga arus sungai begitu kencang. Dan dari bibir sungai empat hingga lima meter itu ada palung dalam,” beber Riqi.

Setelah beberapa waktu melakukan upaya penyelaman namun belum membuahkan hasil.

Petugas tim SAR gabungan pun coba melakukan metode penyisiran menggunakan rubber boat dengan radius 50 meter.

“Hari ini kami fokus penyisiran dan penyelaman. Kalau sampai senja tidak membuahkan hasil, kami hentikan sementara dan dilanjutkan lagi besok pagi dengan radius pencarian yang tentunya diperluas,” pungkasnya. (tim redaksi)

Related posts