Jelang Pilpres AS, Donald Trump Bakal Kalah? Joe Biden Tunjukkan Indikator Kemenangan

  • Whatsapp
FotoJet
Penantang Donald Trump, Joe Biden

VONIS.ID – Pilpres AS yang diikuti Donald Trump dan Joe Biden bakal digelar November mendatang.

Namun, tanda-tanda kemenangan Joe Biden kian terlihat berdasarkan hasil polling terbaru.

Baca Juga

Mantan Wakil Presiden Joe Biden unggul jauh dari Presiden Donald Trump dalam jajak pendapat terbaru.

Meski begitu, Donald Trump dinilai masih memiliki peluang yang tidak dapat diabaikan untuk memenangi Pilpres AS pada November.

Melihat sejarah, Joe Biden saat ini berada di posisi yang lebih baik dibandingkan calon presiden penantang mana pun sejak 1936, sejak jajak pendapat pertama kali dilakukan dalam pemilihan presiden.

Diwartakan CNN, jajak pendapat ABC News / Washington Post yang dirilis pada Minggu (11/10/2020) adalah jajak pendapat terbaru yang menunjukkan kekuatan Joe Biden, di mana dia memimpin atas Trump dengan margin 55% hingga 43% di antara calon pemilih.

Jajak pendapat tersebut adalah jajak pendapat nasional berkualitas tinggi ketiga yang diterbitkan pekan ini yang menunjukkan Biden unggul setidaknya 10 poin dan di atas 50%.

Dua lainnya berasal dari CNN / SSRS dan Fox News.

Memang, rata-rata jajak pendapat memiliki Biden di sekitar 52% atau 53% dan naik antara 10 dan 11 poin.

Ini adalah posisi yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi penantang dengan hanya tinggal 23 hari lagi hingga Hari Pemilihan.

Dalam 21 pemilihan presiden sebelumnya sejak 1936, hanya ada lima penantang yang memimpin pada saat-saat ini.

Dari lima itu, hanya satu, (Bill Clinton pada 1992) yang unggul lebih dari 5 poin. Tak satu pun dari lima orang itu mendapatkan lebih dari 48% suara dalam jajak pendapat.

Dengan kata lain, Joe Biden adalah penantang pertama yang berada di atas 50% pada titik akhir kampanye ini.

Ini juga terus menandai perbedaan besar dengan kampanye 2016 di mana meski Hillary Clinton berada di depan Donald Trump setinggi 7 poin pada Oktober 2016, dia tidak pernah mendekati 50% suara.

Trump hanya harus memenangkan mayoritas dari pemilih yang ragu-ragu atau pihak ketiga (yang akan mencalonkan diri) untuk mendapatkan kemenangan pada 2016.

Bahkan jika setiap pemilih pihak ketiga yang ragu-ragu atau saat ini memilih Donald Trump sekarang, dia masih akan turun sekitar 5 hingga 6 poin secara nasional.

Itu tidak pernah terjadi dengan petahana sejak 1936 pada saat ini.

Tentu saja, Electoral College yang penting. Ada sangat sedikit kemungkinan di mana Trump bisa memenangkan Electoral College, jika dia kalah secara nasional dengan 5 hingga 6 poin.

Jajak pendapat baru pada Minggu dari CBS News / YouGov menunjukkan bahwa Biden di atas 50% di beberapa medan pertempuran utama.

Dia memimpin 52% hingga 46% di Michigan dan Nevada.

Di Iowa, negara bagian di mana Trump mengambil 9 poin pada 2016 dan tidak mendekati harus menang untuk Biden, perlombaan terikat pada 49%.

Pengamatan lebih jauh mengungkapkan mengapa Biden berada dalam posisi yang kuat.

Dalam jajak pendapat Gallup, sejak pandemi Virus Corona dimulai, Covid-19 telah menjadi masalah terpenting rakyat Amerika Serikat.

Tiga penantang di era pemungutan suara (Jimmy Carter pada 1976, Ronald Reagan pada 1980 dan Bill Clinton pada 1992) yang mengalahkan petahana, semuanya dipercaya lebih dari petahana, untuk menangani apa yang dianggap orang Amerika sebagai masalah terpenting bangsa.

Namun, tidak ada yang dipercaya oleh lebih dari 50% pemilih.

Saat ini, Biden memiliki keuntungan besar atas Trump dalam hal pandemi.

Mayoritas yang jelas (59%) dari kemungkinan pemilih dalam jajak pendapat CNN terakhir mengatakan Biden akan lebih mampu menangani wabah tersebut.

Hanya 38% yang mengatakan Trump akan melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada Biden.

Seperti yang saya catat pada bulan Juli, satu-satunya masalah yang benar-benar penting adalah penanganan Trump terhadap Virus Corona.

Dia gagal di benak para pemilih sekarang.

Hasilnya adalah mayoritas dari pemilih yang sama memilih Biden untuk menjadi presiden Amerika Serikat berikutnya.

(*)

Artikel ini bersumber dari Okezone.com

https://news.okezone.com/read/2020/10/14/18/2293632/pilpres-as-biden-catat-hasil-polling-terbaik-di-antara-capres-penantang-sejak-1936?page=3

Related posts